UPT MAGANG DAN KPM UNIMUDA SORONG GELAR SOSIALISASI DAN RAPAT KOORDINASI DENGAN SEKOLAH MITRA 👁️️ 590

By Operator Website Rabu, 14 Agustus 2019 | 15:50 pm Berita

UPT MAGANG DAN KPM UNIMUDA SORONG GELAR SOSIALISASI DAN RAPAT KOORDINASI DENGAN SEKOLAH MITRA

UNIMUDA SORONG – Unit Pelaksana Tugas (UPT) Magang dan KPM Rabu, 14 Agustus 2019 Kemarin laksanakan sosialisasi dan rapat koordinasi Magang 1 dan Magang 3 bersama dengan Sekolah Mitra di Ruang Meeting Unimuda Sorong.

Acara ini dihadiri oleh para kepala sekolah mitra tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas se Sorong Raya. Pada tahun ini Unimuda Sorong menggandeng 61 mitra sebagai tempat magang 1 dan magang 2 tahun akademik 2019/2020.

Sekretaris UPT Magang dan KPM (Solehun, M.Pd.) menyampaikan bahwa jumlah peserta yang akan diterjunkan di 61 sekolah sejumlah 758 Mahasiswa (dan masih bisa bertambah). Peserta nantinya akan mengikuti magang di sekolah dengan rentang waktu (Magang 1 selama 10 hari kerja) dan (Magang 3 selama 50 hari kerja). Peserta akan mulai kegiatan ini pada awal September 2019 diawali dengan pembekalan magang pada akhir Agustus 2019. Saat ini peserta sedang dalam proses registrasi dan pendaftaran online.

Dekan FKIP Unimuda Sorong (Nursalim, M.Pd.) juga hadir dalam rakor tersebut, serta mengucapkan terimakasih kepada sekolah mitra yang selama ini menjalin sinergi dengan Unimuda Sorong untuk menjadi tempat para mahasiswa belajar menjadi guru. Beliau juga menyampaikan bahwa para peserta magang nantinya akan dibagi dalam 3 kali magang, dengan metode yang berbeda. Magang 1 dengan beban belajar 1 SKS mereka melakukan pengamatan atau observasi pembelajaran di dalam maupun di luar kelas, Magang 2 dengan beban belajar 1 SKS, peserta menyusun Perangkat Pembelajaran, sedangakan Magang 3 dengan beban belajar 2 SKS mereka akan melaksanakan dan bertindak sebagai pengajar di kelas dengan melalui pendampingan oleh Guru Pamong dan Dosen Pembimbing Lapangan. Pada kesempatan itu juga, Dekan FKIP berharap sekolah memaksimalkan peran dari berbagai skill, baik kedisiplinan (kehadiran) serta keterlibatannya di berbagai kegiatan sekolah (intra maupun extrakurikuler) karena setelah diserahkan ke pihak sekolah, peserta harus mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh sekolah.

Wakil Rektor Unimuda Sorong (Doni Sudibyo, M.Pd.) dalam arahannya yang sekaligus membuka kegiatan beliau menuturkan bahwa magang ini sebelumnya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL),  namun Perguruan Tinggi senantiasa mengikuti perkembangan pendidikan dan mengikuti kurikulum berdasarkan kebutuhan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Unimuda Sorong saat ini baru melaksanakan Magang bagi FKIP, namun ke depannya akan dilaksanakan juga bagi Fakultas lainnya. Beliau juga menyampaikan bahwa Unimuda Sorong mempunyai banyak program unggulan diantaranya English Village, Sekolah Sepak Bola, yang terus diupayakan untuk mendekatkan masyarakat dengan sivitas akademika Unimuda Sorong.

Rapat koordinasi ini dihadiri juga oleh Kepala Biro Akademik, Kepala Biro Kemahasiswaan, dan Tim Magang. (Nsl).

 

By Operator Website Rabu, 14 Agustus 2019 | 15:50 pm

Artikel Terbaru