UNIMUDA LAWATAN KE MAYBRAT: TINDAK LANJUTI MoU, DINAS PENDIDIKAN SIAP REALISASIKAN BEBERAPA PROGRAM PENINGKATAN SDM πŸ‘οΈοΈ 333

By Operator Website Rabu, 30 Oktober 2019 | 20:04 pm Berita

UNIMUDA LAWATAN KE MAYBRAT: TINDAK LANJUTI MoU, DINAS PENDIDIKAN SIAP REALISASIKAN BEBERAPA PROGRAM PENINGKATAN SDM

FKIP UNIMUDA SORONG: Pemerintah Kabupaten Maybrat melalui Bupati sekitar 2 bulan yang lalu telah menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. MoU tersebut diantaranya memuat tentang peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Kabupaten Maybrat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maybrat.

Menindaklanjuti hal tersebut, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong menjemput bola dengan melakukan kunjungan ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kabupaten Maybrat pada hari ini (rabu), 30 Oktober 2019. Unimuda Sorong dalam kunjungan ini dilakukan oleh Kepala Biro Humas Kerjasama dan Protokoler beserta Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kepala Dinas beserta Kepala Bidang Pembinaan Mutu Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menerima langsung kunjungan tersebut.

Dekan FKIP Unimuda Sorong (Nursalim, M.Pd.) mengawali diskusi dengan memaparkan beberapa program yang perlu menjadi prioritas dalam peningkatan sumberdaya manusia, terutama bagi kepala sekolah dan guru - guru di lingkungan dinas pendidikan kabupaten Maybrat. Program - Program yang menjadi prioritas diantaranya : 1. Studi lanjut program diploma dua (D2) maupun diploma tiga (D3) bagi guru dalam jabatan untuk segera mengambil kualifikasi jenjang sarjana. 2. Program Diklat Penguatan Kepala Sekolah bagi kepala sekolah yang telah terdaftar sebagai peserta diklat agar segera dikonfirmasi kesediaannya, karena ini merupakan peluang yang sangat baik dan didanai oleh APBN. 3. Program Pelatihan Penguatan Baca dan Tulis Bagi Guru Sekolah Dasar (Replikasi Literasi) sesuai dengan edaran mendagri. 4. Program Pendidikan Profesi Guru (yang diperkirakan dimulai awal tahun 2020).

Kepala Biro Humas Kerjasama dan Protokoler (Surya Putra Raharja, M.Pd.) menambahkan juga menambahkan beberapa hal teknis terutama tentang persiapan bagi kepala sekolah yang telah terdaftar dalam daftar peserta Penguatan Kepala Sekolah agar diseriusi oleh Dinas. Kuota yang ada harus dipenuhi, dan dibatasi hingga tanggal 2 November 2019. Para kepala sekolah akan mengikuti diklat gelombang 2 yaitu mulai tanggal 6 November 2019. Peserta diharapkan sudah harus di Sorong H-2 atau H-1 agar pada saat check in hotel tidak ada yang terlambat. Peserta juga wajib membawa surat tugas dari dinas dan membawa perangakat elektroni berupa Laptop.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan Kepala Bidang Pembinaan Mutu menyambut baik program - program tersebut, saat ini telah memiliki data - data guru yang belum sarjana dan dalam waktu dekat akan melengkapi persayaratan administratif agar segera bisa kuliah. Untuk penguatan kepala sekolah, pihak dinas juga komitmen akan terus menghubungi peserta dan akan mengawal hingga selesai diklat. Program PPG maupun Literasi bagi Guru juga disetujui, bahkan telah mendapat restu dari Sekretaris Daerah Pemda maybrat. Pihaknya juga telah memasukkan usulan anggaran untuk dua program yaitu untuk studi lanjut bagi guru dan PPG (sudah masuk di bappeda),Β sedangkan untuk literasi akan disusulkan.

Pertemuan dilakukan selama satu jam dengan diskusi internal dan dilanjutkan pertemuan dengan beberapa kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.(Nsl/SPR).

Β 

By Operator Website Rabu, 30 Oktober 2019 | 20:04 pm

Artikel Terbaru