Sinergi dengan EcoNusa Foundation 16 Mahasiswa FKIP UNIMUDA Sorong Sukseskan Program Relawan Hutan Merdeka di Konda, Sorsel 👁️️ 755

By Operator Website Senin, 25 Oktober 2021 | 08:04 am Berita

Sinergi dengan EcoNusa Foundation 16 Mahasiswa FKIP UNIMUDA Sorong Sukseskan Program Relawan Hutan Merdeka di Konda, Sorsel

 

FKIPUNIMUDASORONG | Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong menjalin kerjasama dengan Yayasan Ekosistem Nusantara Berkelanjutan (EcoNusa Foundation) dalam melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM). Terdapat 16 perwakilan mahasiswa FKIP UNIMUDA Sorong yang turut serta dalam program tersebut diantaranya 8 mahasiswa (Pendidikan Teknologi Informasi), 3 mahasiswa (Pendidikan Jasmani), 3 mahasiswa (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dan 2 mahasiwa (Pendidikan Bahasa Inggris). Program ini dilaksanakan di Distrik Konda Kabupaten Sorong Selatan selama 1,5 bulan terhitung sejak tanggal 11 September hingga 23 Oktober 2021. 

Dengan tujuan untuk membangun hubungan penting antara masyarakat lokal, lembaga swadaya masyarakat, lembaga akademisi dan pemerintah daerah. Dengan demikian kegiatan program kerja yang dilakukan mahasiswa UNIMUDA Sorong disesuaikan dengan kondisi lingkungan masyarakat lokal di Distrik Konda.

Adapun hasil yang dicapai oleh mahasiswa UNIMUDA Sorong dalam program kerja yang dilakukan ialah membuat produk sambal nanas, selai nanas, es krim, kopi Manggrove, pupuk organik cair (POC), Virgin Coconut Oil (VCO), Ketahanan Pangan, Pupuk Kompos, pertanian hidroponik, media tanam dari sarangburung maleo.

Selain mengikuti kegiatan KPM 16 mahasiswa FKIP UNIMUDA Sorong juga terintegrasi dalam melaksanakan Magang III yang bertempat di SD Inpres 11 konda, SD SIKHEM Bariat dan SMP Negeri 1 Atap Konda. Program ini sekaligus mengaktualisasikan  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kesan yang baik diberikan oleh kepala Kampung dan masyarakat kampung Konda Warmagege terkait kegiatan yang telah dilaksanakan mahasiswa UNIMUDA Sorong.

“Terimakasih kami ucapkan kepada anak-anak mahasiswa UNIMUDA Sorong yang telah memberikan ilmunya kepada masyarakat kami, sehingga kami dapat membuka lapangan pekerjaan baru selain mengandalkan hasil laut, semoga tuhan memberkati.” Tutur kepala Kampung Konda Warmagege.

Dekan FKIP Unimuda Sorong (Nursalim, M.Pd.) saat dikonfirmasi menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah mengikuti program ini dengan sangat baik, selain menjadi prestasi bagi mahasiswa, ini juga menjadi prestasi bagi Program Studi, Fakultas dan Universitas. Melalui kegiatan ini tentu mereka tidak perlu melakukan kegiatan KPM dan Magang III lagi, karena sudah terintegrasi dan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Beliau juga berharap, ke depan semakin banyak yang mengikuti program serupa melalui sinergi dengan NGO maupun mitra lainnya. FKIP Unimuda Sorong, saat ini juga sedang menyiapkan 15 Mahasiswanya untuk mengikuti KPM yang bersinergi dengan Universitas Gajah Mada untuk melaksanakan di Distrik Klamono pada November mendatang. [RST/Nsl].

 

By Operator Website Senin, 25 Oktober 2021 | 08:04 am