PRA DIKLAT KOKAM OLEH PEMUDA MUHAMMADIYAH KABUPATEN SORONG, SEJUMLAH MAHASISWA FKIP UNIMUDA SORONG AKAN IKUTI DIKLAT SAR DAN KOKAM πŸ‘οΈοΈ 88

By Operator Website Selasa, 23 April 2019 | 21:08 pm Berita

PRA DIKLAT KOKAM OLEH PEMUDA MUHAMMADIYAH KABUPATEN SORONG, SEJUMLAH MAHASISWA FKIP UNIMUDA SORONG AKAN IKUTI DIKLAT SAR DAN KOKAM

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Sorong, kembali melaksanakan Pra Diklat Calon Anggota KOKAM Kabupaten Sorong Angkatan ke dua. Kegiatan Pra Diklat dilaksanakan mulai hari Jum’at – Ahad, pada tanggal 19 – 21 April 2019 di Perguruan Muhammadiyah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sorong.

Sebanyak 58 peserta mendaftar menjadi calon peserta Pra Diklat, namun yang mengikuti Pra Diklat sebanyak 47 peserta, dengan rincian 23 laki- laki dan 24 perempuan. Para peserta mengikuti medical check up sebelum Pra Diklat. Dari sejumlah peserta tersebut, terdapat 3 peserta dari mahasiswa FKIP Unimuda dan 1 Mahasiswa dari Fakultas Sains dan Teknologi serta beberapa Alumni FKIP Unimuda Sorong. Dari Unimuda Sorong tercatat (1. Ira Resky Ikhtianah -- Prodi agribisnis, 2.BibitΒ  Priyadi Prodi penjas; 3.Ilman Khidayat-- Prodi Penjas; 4. Sukma Nadila Kaimudin -- Prodi Biologi; 5. Bayu Sasena Prodi Farmasi.)

Materi yang diterima oleh para peserta diantaranya Ketauhidan yang disampaikan oleh Kanda Mukhlas Triono, M.Pd., Sejarah KOKAM dan Survival yang disampaikan oleh Komandan Heri Prasetyo, S.T., Ideologi Pemuda Muhammadiyah yang disampaikan oleh Kanda Nursalim, M.Pd., Bela Negara dan UUD 45 dan Latihan PBB yang disampaikan oleh komandan Koramil Aimas, Tanggap Kebencanaan yang disampaikan oleh Komandan Indra Santoso, Dinamika Organisasi dan Potret Dakwah yang disampaikan oleh Kanda Doni Sudibyo, M.Pd., dan P3K/Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan yang disampaikan oleh Mantri Pendik Dwi Cahyono, S.Kep.Ners.Β  selain materi diatas para peserta di tes mental dan disiplin serta fisik oleh para seniornya. Dalam pra diklat ini juga diprioritaskan kegiatan ngaji bareng.

Komandan Heri Dwi Prasetyo saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa proses ini perlu dilalui oleh semua calon anggota KOKAM, sebagai dasar mereka agar benar-benar Berani, Perkasa dan Tahan Mental. Karena kedepannya para peserta ini harus siap untuk mengabdi kepada persyarikatan Muhammadiyah dan Umat pada umumnya, baik dalam kegiatan keorganisasian, maupun kebencanaan dan aksi sosial keagamaan lainnya. Sebagai tindak lanjut pradiklat, KOKAM akan melakukan diklat setiap sabtu dan ahad dengan materi mengacu pada kurikulum kokam yg salah satunya al islam dan kemuhammadiyaan serta bela negara materi SARΒ  dan MDMC dilanjutkan dengan karantina peserta di dalam markas militer. Pembaretan sebagai sarana pelantikan bahwa mereka layak menjadi anggota kokam. (Nsl*)

By Operator Website Selasa, 23 April 2019 | 21:08 pm

Artikel Terbaru