"OPTIMIS MENANG PKM LAGI" MELALUI PRAKTIK LAPANGAN MATA KULIAH PRAGMATIK 👁️️ 49

By Operator Website Sabtu, 06 Juli 2019 | 11:55 am Kegiatan

(Foto bersama mahasiswa dengan dosen pengampu)

FKIP UNIMUDA SORONG, Mahasiswa Semester Enam Kelas A Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNIMUDA Sorong melakukan praktik lapangan mata kuliah pragmatik. Praktik lapangan ini akan dijadikan sebagai syarat bagi mahasiswa untuk mengikuti ujian akhir semester. Dalam kegiatan praktik lapangan mahasiswa melakukan pengamatan (mini riset) terhadap interaksi pedagang dan pembeli di Pasar Pagi Kabupaten Sorong. Selain itu, mahasiswa juga dituntut berinteraksi dengan penjual sesuai dengan prinsi-prinsip interaksi yang telah diajarkan dalam mata kuliah pragmatik.  

Kegiatan praktik lapangan ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 sampai pukul 11.00 WIT, dan masing-masing mahasiswa membawa instrumen pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan secara individu, supaya tidak menggganggung aktivitas jual beli pedagang. Mahasiswa juga bukan hanya berkomunikasi dengan pedagang tetapi juga benar-benar membeli barang dagangan pedagang. Hal ini dilakukan supaya memastikan bahwa komunikasi yang dibangun adalah komunisasi yang alamiah. Selain itu, dosen pengampu mata kuliah membuat tim senyap, tim senyap akan melakukan pengamatan kepada mahasiswa yang sedang praktikum, supaya bisa memastikan mahasiswa benar-benar melakukan praktikum.

Salah satu mahasiswa praktikum Eni Ermayanti menuturkan “Saya sangat senang dan selalu mengikuti praktik lapangan mata kuliah ini, karena saya menyadari betul bahwa bahasa itu adalah keterampilan bukan hanya sekadar teori. Tentu saja ini dapat dibenarkan, karena banyak hal yang kami tidak dapat di dalam kelas perkuliahan, tetapi kami dapatkan sini”. Tutur mahasiswa Pemenang PKM-M tahun 2018 ini.

Mahasiswa lain, Eunike Kombado menuturkan “Dari kegiatan praktik lapangan ini, saya bisa belajar bagaimana membuat instrumen pengumpulan data, mengumpulkan data, mengolah data, dan membuat laporan, ini sangat membantu saya dalam menyusun proposal penelitian dan skripsi. Selain itu, saya juga bisa belajar bagaimana penjadi pedagang yang sukses, sehingga nanti setelah lulus saya bisa menjadi guru yang professional sekaligus berwirausaha”. Tutur mahasiswa asal Sorong Selatan yang hobi berwirausaha online ini.

Dosen pengampu  mata kuliah pragmatik, Abdul Hafid, M.Pd. menyampaikan “Saya memaknai mata kuliah pragmatik itu adalah penggunaan bahasa secara praktis. Jadi, mahasiswa dituntut bukan hanya belajar tentang penggunaan bahasa secara praktis, tetapi juga dituntut untuk menggunakan bahasa secara praktis. Praktik lapangan ini, hasil akhirnya adalah mahasiwa memyusun laporan praktikum, sesuai dengan buku panduan praktikum mata kuliah pragmatik. Saya juga memastikan bahwa mahasiswa tidak diperbolehkan mengikuti ujian akhir semester sebelum mengumpulkan laporan praktikum. Tujuannya adalah lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia bukan hanya mengusai bahasa, sastra, dan pengajarannya secara teoretis, tetapi juga memiliki keterampilan yang handal dan unggul ” ungkap Abdul Hafid.

Harapan dari kegiatan praktik lapangan ini adalah mahasiswa menemukan ide dan inspirasi utuk menyusun Proposal Penelitian Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2019. Hasil praktik lapangan ini juga diharapkan menjadi artikel ilmiah yang diusulkan dalam Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2019. Ini merupakan salah satu strategi untuk mempertahankan prestasi mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia yang berhasil memenangkan Program Kreativitas Mahasiswa selama dua tahun berturut-turut (tahun 2017 dan 2018). (AH/Nsl).

By Operator Website Sabtu, 06 Juli 2019 | 11:55 am

Artikel Terbaru