Membiasakan Perilaku Hidup Sehat melalui Program WinS (Wash in School), Kemitraan Unimuda-Unicef gelar TOT bagi Pelatih di Vega Hotel 👁️️ 507

By Operator Website Jumat, 25 Oktober 2019 | 14:17 pm Berita

Membiasakan Perilaku Hidup Sehat melalui Program WinS (Wash in School), Kemitraan Unimuda-Unicef gelar TOT bagi Pelatih di Vega Hotel

SORONG: Kemitraan Unimuda - Unicef bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten serta Kota Sorong menyenggarakan Training of Trainer bagi fasilitator wins dalam rangka meningkatkan lingkungan sekolah yang lebih aman dan suportif, yang akan dapat membantu anak-anak dan remaja untuk tetap bersekolah, meningkatkan kesehatan dan hasil belajar dan menghindari mekanisme koping yang negatif seperti sebagai putus sekolah dan pernikahan anak. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari sejak hari selasa - Rabu, tanggal 22 - 23 Oktober 2019, bertempat di Vega Hotel Kota Sorong.

Salah satu program kesehatan yang dapat dilakukan di sekolah adalah Program Wash in School (WinS). Program ini bertujuan untuk membiasakan perilaku peserta didik untuk selalu hidup sehat dengan pembiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS). Walaupun sederhana, program ini memberikan dampak kesehatan yang begitu besar dalam kesehatan siswa. Seperti yang kita ketahui bahwa, bakteri/penyakit pintu masuk ke tubuh kita sebagian besar melalui tangan, sehingga program CPTS ini sangat mendukung kesehatan di sekolah. 
Dalam melakukan dan menerapkan program WinS tersebut, diperlukan sinergitas antar elemen sehingga dapat terbentuk system yang baik dalam melakukan program pembiasaan tersebut. Diantara program sinergitas yang dilakukan adalah advokaki stakeholder, pelatihan dan pendampingan Program WinS dan lain sebagainya. Hal ini merupakan upaya terbentuknya sebuah system yang menjamin kesehatan peserta didik yang goal nya adalah peningkatan prestasi.

Roida Natalia Siagian selaku koordinator PKHS Kemitraan unimuda Sorong menuturkan bahwa UNICEF dan UNIMUDA dengan dukungan dari Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota Sorong akan melakukan pelatihan bagi fasilitator Wins UNIMUDA untuk dapat menjadi fasilitator dari program WASH.Dirinya juga menyampaikan beberapa tujuan dari kegiatan ini, diantaranya adalah :
1.Fasilitator Wins memiliki pengetahuan dan keterampilan melatih prinsip dasar program WinS  
2.Fasilitator WinS dapat melakukan survey baseline 
3.Fasilitator WinS mengetahui tugas pokoknya.

Kegiatan ini didukung penuh oleh David Beckam Foundation (DB7) dan difasilitasi oleh fasilitator wins Job Supangkat selaku Programme Officer WASH UNICEFb Papua. (RNS/Nsl)

By Operator Website Jumat, 25 Oktober 2019 | 14:17 pm

Artikel Terbaru