MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBAHASA PGSD IVA FKIP UNIMUDA SORONG SIAP TERBITKAN BUKU “KUMPULAN PUISI ANAK” 👁️️ 283

By Operator Website Kamis, 04 Juli 2019 | 09:56 am Kegiatan

MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBAHASA PGSD IVA FKIP UNIMUDA SORONG SIAP TERBITKAN BUKU “KUMPULAN PUISI ANAK”

(Foto praktik menulis puisi anak)

FKIP UNIMUDA SORONG, Mahasiswa semester IV (empat) kelas A Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIMUDA Sorong melakukan praktik mata kuliah keterampilan berbahasa. Mata kuliah keterampilan berbahasa adalah mata kuliah yang diajarkan supaya mahasiswa memiliki keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan keterampilan bersastra. Dengan luaran ini, menjadikan mata kuliah keterampilan berbahasa menjadi mata kuliah penting dan wajib di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Manfaat belajar mata kuliah ini adalah supaya mahasiswa sebagai calon pendidik mahir dalam berbahasa. Tentu ini merupakan tuntutan wajib untuk menjadi seorang guru, karena bagaimana mungkin mahasiswa bisa menjadi seorang guru, kalau tidak terampil menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Mata kuliah keterampilan berbahasa memiliki beberapa subpraktikum, diantaranya praktik menulis puisi anak. Praktik ini menuntut mahasiswa untuk menunjukkan kreativitas guna mempersiapkan diri menjadi guru yang professional. Adapun muatan dalam praktik ini adalah menulis pusi anak dalam bentuk mading dari kertas manila.  Puisi anak yang ditulis dihiasi dengan ukiran dan gambar-gambar yang menarik.

Salah satu mahasiswa praktikum, Janet Aulia Sinoulan Maituman menuturkan “Saya selalu berusaha untuk mengikuti kegiatan praktikum mata kuliah ini dengan penuh semangat dan kesungguhan, karena menyadari ke depan banyak sekali tuntutan yang harus dihadapi oleh seorang guru. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang guru haruslah kreatif, dan itu ada serta diajarkan dalam mata kuliah ini”

 

Dosen pengampu mata kuliah keterampilan berbahasa, Abdul Hafid, M.Pd. menyampaikan “Praktik menulis puisi anak, bukan merupakan satu-satunya praktik dalam mata kuliah keterampilan berbahasa, sebelumnya mahasiswa sudah melakukan beberapa kali praktikum diantaranya praktik menyimak, berbicara (bercerita/mendongeng), membaca, menulis (ilmiah dan sastra). Kombinasi antara teori dan praktik bertujuan untuk mencetak mahasiswa PGSD UNIMUDA Sorong menjadi calon guru yang terampil dalam berbahasa ” ungkap Abdul Hafid.

Puisi anak yang ditulis oleh mahasiswa dalam praktik ini, akan di tempel pada mading program studi, sehingga dapat dibaca oleh mahasiswa yang lain. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah dibaca oleh oleh anak-anak SD yang datang belajar sambil berwisata di Kampus UNIMUDA Sorong. Puisi anak yang ditulis oleh mahasiswa ini juga akan diterbitkan dalam bentuk buku “Kumpulan Puisi Anak”, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan bacaan bagi guru dan siswa sekolah dasar. (AH/Nsl).

By Operator Website Kamis, 04 Juli 2019 | 09:56 am

Artikel Terbaru