MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI FKIP UNIMUDA SORONG KULIAH PRAKTIK PENDIDIKAN INKLUSI DI SMPLB KOTA SORONG 👁️️ 958

By Operator Website Selasa, 26 November 2019 | 13:23 pm Kegiatan

MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI FKIP UNIMUDA SORONG KULIAH PRAKTIK PENDIDIKAN INKLUSI DI SMPLB KOTA SORONG

SORONG: Sebanyak 45 mahasiswa Program Studi Pendididkan Jasmani FKIP UNIMUDA Sorong melaksanakan kuliah praktik lapangan di SMPLB Kota Sorong. Ini adalah implementasi dari salah satu mata kuliah pendidikan jasmani yaitu pendidikan jasmani adaptif. 

Dosen Pengampu (Bapak Waskito Aji Suryo Putro, M.Or.) menuturkan bahwa “Program Pengajaran Pendidikan Jasmani Adaptif disesuaikan dengan jenis dan karakteristik kelainan siswa. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang berkelainan berpartisipasi dengan aman, sukses, dan memperoleh kepuasan. Misalnya bagi siswa yang memakai kursi roda satu tim dengan yang normal dalam bermain basket, ia akan dapat berpartisipasi dengan sukses dalam kegiata tersebut bila aturan yang dikenakan kepada siswa yang berkursi roda dimodifikasi. Demikian dengan olahraga lainnya. Oleh karena itu pendidikan jasmani adaptif akan dapat membantu dan menolong siswa memahami keterbatasan kemampuan jasmani dan mentalnya. “Ketersediaan atlet luar biasa dari kawasan timur juga masih kurang, selain memberiken wawasan kepada mahasiswa, kami juga mensosialisasiken bahwa teman2 di SD SMP dan SMA LB masih mempunyai peluang untuk berkarier didunia atlet, khususnya melalui SPECTRE UNIMUDA (Sport Science Centre) yg pertama di Papua dan Papua Barat.

Kepala sekolah sekaligus narahubung sekolah mitra dengan UNIMUDA Ibu Yanti menjelaskan bahwa Program Pengajaran Penjas adaptif harus dapat membantu dan mengkoreksi kelainan yang disandang oleh siswa. Kelainan pada Anak Luar Biasa bisa terjadi pada kelainan fungsi postur, sikap tubuh dan pada mekanika tubuh. Untuk itu, program pengajaran pendidikan jasmani adaptif harus dapat membantu siswa melindungi diri sendiri dari kondisi yang memperburuk keadaannya. Program Pengajaran Penjas adaptif harus dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan jasmani individu ABK. Untuk itu pendidikan jasmani adaptif mengacu pada suatu program kesegaran jasmani yang progresif, selalu berkembang dan atau latihan otot-otot besar. Dengan demikian tingkat perkembangan ABK akan dapat mendekati tingkat kemampuan teman sebayanya. Apabila program pendidikan jasmani adaptif dapat mewujudkan hal tersebut diatas, maka pendidikan jasmani adaptif dapat membantu siswa melakukan penyesuaian sosial dan mengembangkan perasaan siswa memiliki harga diri. Perasaan ini akan dapat membawa siswa berperilaku dan bersikap sebagai subyek bukan sebagai obyek dilingkungannya.

“Kampus UNIMUDA adalah kampus yg pertama dimana mau mensosialisasikan hal terkait peluang dalam anak2 berkebutuhan khusus dalam berkarier khususnya dibidang olahraga, hal semacam ini yg kami perlukan, kasih sayang yang nyata dan tidak memandang bahwa siapa kami ungkap yanti kepala SMPLB Kota Sorong.” (WAS/Nsl.)

By Operator Website Selasa, 26 November 2019 | 13:23 pm