MAHASISWA FKIP UNIMUDA SORONG IMPLEMENTASIKAN MATAKULIAH KEPANDUAN HIZBUL WATHAN DI SEKOLAH 👁️️ 154

By Operator Website Selasa, 26 November 2019 | 16:10 pm Kegiatan

MAHASISWA FKIP UNIMUDA SORONG IMPLEMENTASIKAN MATAKULIAH KEPANDUAN HIZBUL WATHAN DI SEKOLAH

FKIP UNIMUDA SORONGGerakan Kepanduan Hizbul Wathan (disingkat HW) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. HW berasaskan Islam. HW didirikan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda yang memiliki aqidah, mental dan fisik, berilmu dan berteknologi serta berakhlak karimah dengan tujuan terwujudnya pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa.

Dekan FKIP Unimuda Sorong (Nursalim, M.Pd.) menuturkan bahwa FKIP Unimuda Sorong secara konsisten menerapkan Kepanduan Hizbul Wathan ke dalam kurikulum di beberapa program studi. Hal ini dimuat dalam mata kuliah khusus yaitu Matakuliah Kepanduan Hizbul Wathan. Hal ini menjadi sangat penting karena melalui mata kuliah ini mahasiswa dituntut menjadi mahasiswa yang tangguh dan memiliki karakter yang unggul. Selain kelak mereka menjadi kader persyarikatan di sekolah - sekolah Muhammadiyah, mereka juga akan menanamkan kecakapan sosial bagi siswa di sekolah. 

"Saya yakin, mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kepanduan hizbul wathan atau Unit Kegiatan Mahasiswa Kepanduan HW, akan mampu menjadi pribadi yang santun dan memiliki karakter yang baik, baik di lingkungan kampus maupun di masyarakat kini dan kelak." pungkas pak Dekan.

Sementara itu Dosen Pengampu mata kuliah tersebut (Sobirin, M.Pd.) mengucapkan terimakasih kepada Unimuda Sorong karena terus mendukung kegiatan yang mencerminkan nilai kemuhammadiyahan melalui Kepanduan Hizbul Wathan. Selaku Dosen pengampu, dirinya telah menerapkan pembelajaran yang menggembirakan bagi mahasiswa, melalui outbound, perkemahan, game dan kegiatan - kegiatan sosial yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan agar semua mahasiswa mampu menerapkan ilmu kepanduan dengan baik. Yang menarik sebagian mahasiswa langsung menerapkan (mengimplementasikan) Kepanduan di Sekolah Muhammadiyah.

"Mahasiswa yang mengikuti mata kepanduan hizbul wathan ini dari semua kalangan tidak mengenal muslim maupun nbon muslim, luarannya tidak semua harus menjadi kader, namun kami berharap ke depan mereka mengenal Muhammadiyah dengan baik melalui mata kuliah tersebut. Untuk yang ingin menjadi kader kami juga telah menyiapkan Unit Kegiatan Mahasiswa, mereka dapat memperdalam materinya di kegiatan tersebut." Imbuh Pak Sobirin. 

Program Studi yang ada mata kuliah Kepanduan diantaranya Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Jasmani dan Pendidikan PKn. (Nsl).

 

By Operator Website Selasa, 26 November 2019 | 16:10 pm