*KAK TINA* TERPILIH JADI DUTA PENDIDIKAN KELUARGA TINGKAT NASIONAL (UNSUR PERWAKILAN AKADEMISI DARI FKIP UNIMUDA SORONG) 👁️️ 33

By Operator Website Selasa, 23 April 2019 | 21:03 pm Berita

*KAK TINA* TERPILIH JADI DUTA PENDIDIKAN KELUARGA TINGKAT NASIONAL (UNSUR PERWAKILAN AKADEMISI DARI FKIP UNIMUDA SORONG)

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Calon Pelatih (PCP) Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Tingkat Nasional di Hotel Arya Duta, Jl. Somba Opu, No. 297, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, mulai tanggal 22 - 26 April 2019.

Diklat Berjenjang mengalami penyesuaian menjadi Diklat Pendidikan Keluarga, mengikuti standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja, dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan.

Menurut Direktur Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas, menyatakan, “ Untuk memenuhi Diklat Berjenjang Tingkat Dasar yang optimal, Dikmas melalui Subdit PKK berupaya mencetak tenaga pelatih yang handal dan profesional.” Selain memiliki pengetahuan yang memadai, pelatih juga harus memiliki kemampuan dalam proses pembelajaran serta kemampuan dalam berinteraksi dengan peserta pelatihan. Pelatih bertanggung jawab atas penyampaian materi serta pada hasil penilaian peserta. “Dengan demikian, ketersediaan pelatih yang mumpuni bisa tercukupi,”

PCP ini diikuti oleh 51 orang peserta yang terdiri dari perwakilan akademisi dan Pengawas Terpilih yang berasal dari 17 Kabupaten dan Kota di Wilayah Timur Indonesia. Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan pemahaman para calon pelatih dalam Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga.

Christina Palandoni, S.Pd. yang akrab dipanggil dengan panggilan “Kak Tina”, salah satu alumni dari FKIP Unimuda Sorong. Sebelum terpilih menjadi Duta Pendidikan Keluarga Kemendikbud RI, untuk wilayah regional Papua Barat, beliau aktif bekerja sebagai pelatih dan Fasilitator Pendidikan program pengembangan anak usia dini holistik dan integratif  di Kemitraan Unimuda – Unicef sejak tahun 2015 hingga tahun 2018.


Foto bersama para Duta Pendidikan Keluarga

Diharapkan,  tahun mendatang hasil dari pelatihan tersebut bisa bermanfaat banyak dalam peningkatan kualitas PAUD, khususnya memperluas akses guru PAUD mendapatkan pelatihan yang bermutu (Diklat Berjenjang) guna meningkatkan kompetensi guru, mutu layanan PAUD dan perkembangan Anak Usia Dini. *Nsl*

By Operator Website Selasa, 23 April 2019 | 21:03 pm

Artikel Terbaru