FKIP UNIMUDA SORONG KOLABORASI DENGAN KOMPAK DAN UNICEF LAKSANAKAN LOKAKARYA PERENCANAAN REPLIKASI PROGRAM PENDIDIKAN 👁️️ 92

By Operator Website Jumat, 28 Juni 2019 | 04:25 am Berita

FKIP UNIMUDA SORONG KOLABORASI DENGAN KOMPAK DAN UNICEF LAKSANAKAN LOKAKARYA PERENCANAAN REPLIKASI PROGRAM PENDIDIKAN

SORONG – FKIP Unimuda Sorong melalui kolaborasi bersama KOMPAK dan UNICEF melakukan diskusi terkait replikasi tersebut dengan Pemerintah Papua dan Papua Barat serta Kabupaten Jayapura dan Sorong yang dalam pelaksanaan program KOMPAK dan UNICEF telah memberikan komitmen yang sangat kuat serta mengalami kemajuan yang signifikan. Diskusi dilaksanakan di swissbell hotel Kota Sorong melalui Lokakarya Perencanaan Replikasi Program Pendidikan. Kegiatan berlangsung selama 2 hari dimulai tanggal 27 – 28 Juni 2019.

Sektor pendidikan merupakan salah satu sektor prioritas di kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat, termasuk di Kabupaten Jayapura dan Sorong. Pada tahun 2016, Angka Partisipasi Murni Kabupaten Sorong baru mencapai 85,44% atau belum mencapai target pembangunan sebesar 90%. Sedangkan di Kabupaten Jayapura, Angka Partisipasi Murni adalah sebesar 94.30%. Di sisi lain, mutu proses belajar mengajar masih butuh peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa. Salah satu indikator hasil belajar ditunjukkan dengan kemampuan membaca siswa kelas awal (kelas 1 – 3 SD). Pengukuran kemampuan membaca dengan instrument EGRA (Early Grade Reading Assessment) yang dilakukan di tahun 2015 di daerah pinggiran dan pedalaman kabupaten Sorong menunjukkan bahwa 58.30% siswa kelas 2 – 3 di SD intervensi belum bisa membaca. Sedangkan di Kabupaten Jayapura, sebanyak 43.8%siswa kelas 2 – 3 di SD intervensi yang masih belum bisa membaca.

Pemerintah Australia bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia untuk mendukung perbaikan pelayanan dasar di Indonesia, termasuk di Papua dan Papua Barat, melalui program-program kemitraan seperti KOMPAK dan Program Literasi Kelas Awal yang dilaksanakan oleh UNICEF. Program-program tesebut telah berjalan sejak tahun 2015 (UNICEF) dan 2017 (KOMPAK) dan sejalan dengan prioritas pembangunan daerah. Kunjungan Tim Pengarah kali ini mengambil rute SD Inpres 45 Kabupaten Sorong di Kampung Wilti, serta SD Inpres 55 Kabupaten Sorong di Kampung Saluk. Perjalanan ditempuh 3,5 jam dengan menggunakan mobil.

Saat ini, baik KOMPAK maupun UNICEF sudah memasuki tengah periode pelaksanaan program dan sedang menyusun rencana untuk memastikan keberlanjutan program setelah dukungan dari UNICEF dan KOMPAK berakhir. Beberapa aspek yang merupakan bagian dari kerangka keberlanjutan program adalah: regulasi, kelembagaan, sumber daya (baik manusia maupun anggaran) serta strategi implementasi.

Dekan FKIP Unimuda Sorong (Nursalim, M.Pd.) menuturkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk Mendapatkan gambaran tentang kemajuan, kendala dan peluang dalam pencapaian program KOMPAK dan UNICEF di Kabupaten Jayapura dan Sorong, Menyusun dan menyepakati kerangka keberlanjutan program yang mencakup: regulasi, kelembagaan, sumber daya serta strategi implementasi. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini diantaranya memetakan kemajuan, kendala dan peluang program KOMPAK dan UNICEF di Kabupaten Jayapura dan Sorong serta menyusun dan menyepakati Kerangka keberlanjutan program.

Lokakarya ini menghadirkan 35 peserta diskusi yaitu Kepala Dinas Pendidikan Papua, Kepala BAPPEDA Papua, Kepala Dinas Pendidikan Papua Barat, Kepala BAPPEDA Papua Barat, Kepala BAPPEDA Kabupaten Sorong, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sorong, Kepala Dinas Pendidikan Sorong, Kasubag. Program Dinas Pendidikan Sorong, Kepala Distrik Makbon, Kepala Kampung Malaumkarta, Kepala BAPPEDA Jayapura, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung Jayapura, Kepala Dinas Pendidikan Jayapura, Kasubag. Program Dinas Pendidikan Jayapura, Kepala Distrik Sentani Timur, Kepala Kampung Puay, Program Implementation Advisor – KOMPAK, PFM Advisor – KOMPAK, Sectoral Strengthening Lead – KOMPAK, Education Specialist – KOMPAK, Provincial Manager – KOMPAK, LANDASAN Coordinator – KOMPAK, Project Officer, Direktur Eksekutif BaKTI, Senior Monitoring Coordinator – KOMPAK-BaKTI, Koordinator Provinsi Papua Barat – KOMPAK-BaKTI, Koordinator Provinsi Papua – KOMPAK-BAKTI, Education Specialist Papua Barat– KOMPAK-BaKTI, Education Specialist Papua – KOMPAK-BaKTI, Kepala Kantor UNICEF Papua – Papua Barat, Education Specialist – UNICEF, Dekan FKIP UNIMUDA, Manager Program YNS. (Nsl)

By Operator Website Jumat, 28 Juni 2019 | 04:25 am

Artikel Terbaru