FKIP UNIMUDA FASILITASI PELATIHAN PENGELOLAAN JURNAL PRODI DAN E-LEARNING 👁️️ 25

By Operator Website Sabtu, 03 Agustus 2019 | 16:19 pm Kegiatan

FKIP UNIMUDA FASILITASI PELATIHAN PENGELOLAAN JURNAL PRODI DAN E-LEARNING

Sorong,  FKIP UNIMUDA optimis bulan September 2019 semua program studi di Lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong sudah memiliki jurnal (open journal system), dari sepuluh program studi tiga diantaranya sudah memiliki jurnal  (open Journal System). Selain jurnal FKIP UNIMUDA Sorong juga optimis semester ganjil 2019/2020 semua program studi sudah menggunakan e-learning. Salah satu langkah yang dilakukan oleh FKIP UNIMUDA Sorong untuk mewujudkan optimism tersebut adalah menyelenggarakan Pelatihan Pegusulan Jurnal dan Pengolaan e-Learning untuk semua program studi di Lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kegiatan ini dilangsungkan di Ruang Rapat Utama FKIP UNIMUDA Sorong, dihadiri oleh Dekan FKIP (Nursalim, M.Pd.), Wakil Dekan FKIP (Abdul Hafid, M.Pd.), dan Semua Ketua  Sekretaris Program Studi di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Pendidikan UNIMUDA Sorong. Hadir juga  Sekretaris LP3M UNIMUDA Sorong (Fathurrahman, M.Pd.) Kepala UPT PUSDATIN UNIMUDA Sorong (Firman, M.Pd.), dan  sebagai pemateri.

 

Sekretaris LP3M UNIMUDA Sorong (Fathurrahman, M.Pd.) dalam sambutannya menyampaikan “Saya mewakili LP3M mengapresiasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIMUDA Sorong yang telah mengadakan pelatihan ini untuk mendorong program studi yang belum memiliki jurnal untuk segera memiliki jurnal. Target dari pelatihan ini adalah semua program studi secepatnya mengusulkan jurnal, minimal selesai pelatihan masing-masing program studi sudah ada nama jurnal. Ada beberapa syarat utama dalam mengusulan jurnal, yakni nama jurnal tidak boleh sama, membuat halaman cover, redaksi, revieuwer minimal tujuh dari dua perguruan tinggi yang berbeda, daftas isi dan artikel minimal lima, kemudian pengajuan ISSN.”

Kepala UPT PUSDATIN UNIMUDA Sorong (Firman, M.Pd.), dalam sambutannya menyampaikan “Penggunaan e-learning sangat penting digunakan dalam kegiatan pembeajaran, bukan mengganti tugas utama dosen, tetapi sebagai media yang memudahkan dosen untuk mengajar dan mahasiswa untuk belajar. Di UNIMUDA Sorong e-learning sudah dibuatkan satu tahun yang lalu, dan memiliki server sendiri, tetapi belum dimaksimalkan, sehingga harapannya melalui pelatihan ini semester ganjil 2019/2020 semua program studi sudah menerapkan. Dengan adanya e-learning ke depan ujian bisa berbasis online.”

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FKIP Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Nursalim, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan “Pelatihan ini merupakan salah satu langkah kita untuk mengembangkan dan memajukan program studi. Penerapan e-learning dan publikasi secara langsung dapat meningkatkan kualitas akreditasi. Selain itu, juga bermanfaat untuk pengembagan karier dosen.”

Setelah pelatihan ini masing-program studi diberikan target waktu satu bulan untuk melengkapi usulan jurnal, dan waktu dua bulan untuk penerapan e-learning. Pimpinan Fakultas akan melakukan monitoring dan evaluasi berdasarkan target yang sudah ditetapkan bersama. AH/Nsl.

By Operator Website Sabtu, 03 Agustus 2019 | 16:19 pm

Artikel Terbaru