DEKAN FKIP ; Semua Siswa SMP Sebaiknya Diwajibkan Ikut Salah Satu Ekstrakurikuler untuk Perkuat Kecakapan Hidup πŸ‘οΈοΈ 718

By Operator Website Kamis, 30 Januari 2020 | 10:23 am Berita

DEKAN FKIP ; Semua Siswa SMP Sebaiknya Diwajibkan Ikut Salah Satu Ekstrakurikuler untuk Perkuat Kecakapan Hidup

FKIP UNIMUDA SORONG: Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten dan Kota Sorong serta Pelatih Literasi Kemitraan Unimuda Sorong, hari ini (Kamis, 30 Januari 2020) mengikuti pelatihan Pendidikan Kecakapan Hidup Sehat yang dilaksanakan di English Village Unimuda Sorong. Pelatihan dijadwalkan akan berlangsung selama 2 hari sejak 30 - 31 Januari 2020.

Bapak Sunaryadi, M.Pd. selaku Master of Trainer yang sekaligus perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong dalam arahannya beliau mengaharapkan agar para pengawas dan pelatih mampu mendampingi atau memonitor guru - guru yang sudah mengikuti pelatihan PKHS agar benar - benar menerapkannya di sekolah. Beliau juga berharap agar menyampaikan kepada guru BK untuk mengoptimalkan perannya. Saat ini siswa di SMP dihadapkan dengan tantangan menjamurnya penggunaan HP dan Internet yang sudah menjadi candu, sehingga perlu pengawasan agar bisa menyaring informasi yang masuk. 

Dekan FKIP Unimuda Sorong, Nursalim, M.Pd. yang sekaligus membuka kegiatan dalam sambutannya beliau mengajak kepada para peserta agar meluruskan niat dalam pelatihan PKHS ini untuk sebuah kebaikan, kebaikan diri sendiri maupun untuk orang lain. Bapak Ibu Pengawas dan Pelatih diharapkan juga CAKAP, artinya setelah pelatihan agar benar - benar mengimplementasikan ilmu yang akan diikuti selama 2 hari kedepan. Selain itu beliau juga mendorong agar Pengawas dapat menyampaikan kepada Kesiswaan  untuk mewajibkan siswanya mengikuti salah satu organisasi ekstrakurikuler, karena itu yang kedepannya akan menjadi modal mereka menjadi orang yang cakap dan terampil serta dapat menghadapi tantangan masa depan. Hal ini telah dibuktikan dengan lulusan yang mengikuti ekstrakurikuler mereka lebih tangguh dan memiliki karakter yang baik.

Sementara itu Koordinator LSE, Roida Natalia Siagian, S.Pd. selaku pelaksana pelatihan saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian kegiatan yang dirancang untuk memperkuat perencanaan dan pelaksanaan program PKHS di Kota dan Kabupaten Sorong. Tujuan khusus dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan gambaran umum akan program PKHS yang akan dilaksanakan di Kota dan Kabupaten Sorong, meningkatkan ketrampilan pengawas dan pelatih dalam materi pendidikan kecakapan hidup. PKHS ini akan diberikan kepada siswa sebagai bagian dari muatan lokal untuk pendidikan abad 21, Mensosialisasikan U-report sebuah platform yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi positif bagi remaja. (Nsl).

By Operator Website Kamis, 30 Januari 2020 | 10:23 am