BUKA PELATIHAN WINS BAGI GURU SD DUKUNGAN DB7, DEKAN FKIP BERPESAN AGAR PESERTA IMPLEMENTASIKAN MULAI DARI DIRI SENDIRI DAN KELUARGA DI RUMAH LALU DITERAPKAN DI SEKOLAH 👁️️ 176

By Operator Website Kamis, 16 Januari 2020 | 20:24 pm Kegiatan

BUKA PELATIHAN WINS BAGI GURU SD DUKUNGAN DB7, DEKAN FKIP BERPESAN AGAR PESERTA IMPLEMENTASIKAN MULAI DARI DIRI SENDIRI DAN KELUARGA DI RUMAH LALU DITERAPKAN DI SEKOLAH

FKIP UNIMUDA SORONG: Kemitraan Unimuda - Unicef bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten pasca kegiatan Training of Trainer bagi fasilitator wins, kini dilanjutkan dengan pelatihan WINS bagi guru - guru oleh para fasilitator. Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan lingkungan sekolah yang lebih aman dan suportif, yang akan dapat membantu anak-anak dan remaja untuk tetap bersekolah, meningkatkan kesehatan dan hasil belajar dan menghindari mekanisme koping yang negatif seperti sebagai putus sekolah dan pernikahan anak. Pelatihan dilaksanakan di Meeting Room Unimuda Sorong sejak tanggal 16 - 17 Januari 2020.

Job Supangkat selaku Konsultan WASH dari UNICEF menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan diskusi bersama mengenai sanitasi dan pembiasaan hidup bersih dan sehat ( PHBS). Harapannya guru tidak hanya mengerti mengenal teori-teori yang berhubungan dengan sanitasi namun dapat menjadi agen perubahan di sekolah masing-masing. Materi terkait sanitasi atau Wash in School secara keseluruhan akan disampaikan oleh para pelatih yang telah mengikuti kegiatan Training of Trainer sebelumnya di Bulan November 2019. 

Dekan FKIP Unimuda Sorong yang sekaligus menjadi GM Kemitraan Unimuda - Unicef (Nursalim, M.Pd.) saat membuka kegiatan secara resmi  menyampaikan bahwa program ini sangatlah berpengaruh bagi perkembangan dan kemajuan anak didik di sekolah. Kesehatan adalah hal utama yang harus diperhatikan bersama, jika kesehatan anak dapat diatasi maka prestasi anak pun akan meningkat. Beliau pun menyampaikan bahwa pengaplikasian kegiatan PHBS di sekolah nantinya akan dimonitori oleh para Trainer dari Kemitraan Unimuda dan Unicef, sehingga evaluasi dan monitoring tetap berjalan selama program diterapkan di sekolah. Membantu kebersihan anak bagian dari investasi masa depan anak, suatu saat juga akan berdampak baik bagi kemajuan masa depan bangsa.

Salah satu program kesehatan yang dapat dilakukan di sekolah adalah Program Wash in School (WinS). Program ini bertujuan untuk membiasakan perilaku peserta didik untuk selalu hidup sehat dengan pembiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS). Walaupun sederhana, program ini memberikan dampak kesehatan yang begitu besar dalam kesehatan siswa. Seperti yang kita ketahui bahwa, bakteri/penyakit pintu masuk ke tubuh kita sebagian besar melalui tangan, sehingga program CPTS ini sangat mendukung kesehatan di sekolah.

Kegiatan ini dihadiri oleh 20 peserta yang tersebar dari 10 Sekolah Mitra yaitu SD Inpres 27 Kabupaten Sorong, SD Inpres 51 Kabupaten Sorong, SD Inpres 59 Kabupaten Sorong, SD Inpres 62 Kabupaten Sorong, SD Inpres 33 Kabupaten Sorong, SD Inpres 35 Kabupaten Sorong, SD Inpres 26 Kabupaten Sorong, SD YPK EBENHAEZER Klawana, SD Inpres 3 Kabupaten Sorong, dan SD  Negeri 2 Kabupaten Sorong. YS/Nsl.

By Operator Website Kamis, 16 Januari 2020 | 20:24 pm