ALUMNI FKIP UNIMUDA TERPILIH MENJADI INSTRUKTUR NASIONAL LITERASI BACA TULIS 👁️️ 2

By Operator Website Minggu, 21 April 2019 | 00:47 am Berita

ALUMNI FKIP UNIMUDA TERPILIH MENJADI INSTRUKTUR NASIONAL LITERASI BACA TULIS

Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra mengadakan Bimbingan Teknis Instruktur Literasi Baca-Tulis Tingkat Nasional di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada tanggal 8-14 April 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh 120 orang peserta yang terdiri dari guru, pegiat literasi, dan penyuluh bahasa yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan instruktur literasi baca-tulis tingkat nasional yang andal dan mampu memberikan pelatihan literasi baca-tulis kepada fasililtator literasi baca-tulis di tingkat regional.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Muhadjir Effendy Saat pembukaan dalam sambutannya beliau berpesan agar peserta dapat mentransfer keterampilan dan ilmu yang telah diperoleh dalam kegiatan itu kepada keluarga, teman, dan masyarakat sekitar. Demikian tujuan utama Gerakan Literasi Nasional untuk menjadikan bangsa Indonesia yang literat dapat tercapai.


Bersama dengan Kontingen Instruktur Papua dan Papua Barat Foto bareng Gol A Gong
 

Dalam kegiatan, masing-masing peserta memberikan presentasi mengenai capaian-capaian yang telah dilaksanakan selama ini di daerah masing-masing dan saling bertukar pikiran mengenai praktik baik yang telah diaplikasikan.

Kemitraan Unimuda Sorong - Unicef merupakan salah satu pihak yang telah mengaplikasikan kegiatan literasi di daerah pinggiran dan terpencil, sehingga KEMENDIKBUD melalui Balai Bahasa memberikan kesempatan pada salah satu Pelatih Literasinya untuk menjadi bagian dari Instruktur Literasi Baca-Tulis Tingkat Nasional.


Yunita Sari, S.Pd., bersama Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Dadang Sunandar

Saat dikonfirmasi kepada Yunita Sari, S.Pd. (merupakan alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unimuda Sorong, yang terpilih menjadi Instruktur Nasional Literasi Baca Tulis) setelah pembekalan dirinya berharap bahwa FKIP Unimuda Sorong melalui Kemitraan dapat memiliki Taman Bacaan Masyarakat, dan mengharapkan kepada semua lini baik Dosen, Mahasiswa dan Pegiat Literasi Kemitraan Unimuda – Unicef mengikuti program SABU-SABU (Satu Bulan Satu Buku) yang dibaca, aktif menulis sehingga karyanya dapat dipublikasikan.

Sebagai rencana tindak lanjutnya yunita sari akan melakukan Pelatihan Penulisan bagi para Pegiat Literasi dan Sivitas Akademika FKIP Unimuda Sorong. *Nsl*

 

By Operator Website Minggu, 21 April 2019 | 00:47 am

Artikel Terbaru