952 Mahasiswa diterjunkan Magang 1 dan Magang 2 di Sekolah se Sorong Raya πŸ‘οΈοΈ 21

By Operator Website Rabu, 16 September 2020 | 10:08 am Kegiatan

952 Mahasiswa diterjunkan Magang 1 dan Magang 2 di Sekolah se Sorong Raya

FKIP UNIMUDA SORONG: Magang 1 dan Magang 2 merupakan sebuah mata kuliah wajib yang perlu diambil oleh mahasiswa semester 5 dan semester 6. Program ini mengacu kepada Kurikulum yang berasas Kerangka Kualifikasi Naasional Indonesia dalam rangka penguatan pemahaman peserta didik di sekolah dan penyusunan perangkat Pembelajaran.

Sebanyak 952 Peserta dari 9 Program Studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unimuda Sorong mengikuti Program Magang 1 dan Magang 2 tersebut. Pelaksanaan Program ini dilakukan selama 10 hari efektif atau setara 1 SKS di masing - masing mata kuliah magang. 

Kepala UPT Magang dan KPM (Jaharudin, M.Pd.) menyatakan bahwa program ini merupakan program rutin tiap semester yang pelaksanaannya dilakukan di semester 5, 6 dan 7. Khusus Magang 1 peserta difokuskan pada pengamatan lingkungan sekolah dan pembelajaran, sedangkan magang 2 difokuskan pada penyusunan perangkat pembelajaran. Para peserta telah kami bekali ilmu baik panduan dan kode etik magang selama 2 hari yang disampaikan oleh para narasumber yang kompeten dibidangnya maupun dari program studi masing - masing. Sebanyak hampir 90 sekolah menjadi lokasi magang pada pelaksanaan magang tahun 2020 ini.

Sementara itu Dekan FKIP Unimuda Sorong (Nursalim, M.Pd.) saat di konfirmasi beliau menuturkan Program magang memberikan bekal nyata dilapangan, sebagai implementasi dari teori yang didapatkan di kampus untuk disandingkan dengan praktik yang terjadi di sekolah. Mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi dengang sekolah, sehingga mampu menerpakan kompetensi pedagogik, kepribadian dan kompetensi sosial dengan baik. Apalagi pada saat pandemi saat ini, mahasiswa harus benar - benar mengedepankan Protokol Kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan lain sebagainya. Era New Normal, pembelajaran di sekolah juga dilaksanakan secara blended, yaitu luring dan daring, sehingga peserta perlu beradaptasi dengan sistem tersebut. Peserta yang kita lepas ini merupakan Duta Unimuda Sorong, sehingga mereka di sekolah juga mencerminkan keunggulan lembaga khususnya Unimuda Sorong.

Pelaksanaan magang yang dilepas secara serentak ini, juga akan ditarik secara serentak pada dua pekan mendatang (Akhir September 2020). Nsl.

By Operator Website Rabu, 16 September 2020 | 10:08 am