428 Mahasiswa Semester 7 FKIP unimuda Sorong Ikuti Pembekalan Kuliah Pengabdian Masyarakat πŸ‘οΈοΈ 1.425

By Operator Website Sabtu, 16 November 2019 | 10:06 am Kegiatan

428 Mahasiswa Semester 7 FKIP unimuda Sorong Ikuti Pembekalan Kuliah Pengabdian Masyarakat

FKIP Unimuda Sorong: Sebanyak 428 Peserta (Mahasiswa) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong pada hari ini ikuti pembekalan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Tahun Akademik 2019/2020 di Sportorium Unimuda Sorong. Pembekalan akan dilaksanakan selama 2 hari (sabtu, 16 November dan Senin, 18 November 2019).

KepalaΒ Unit Pelaksana Teknis (UPT) Magang dan KPM (Jaharudin, M.Pd.) dalam laporannya menyebutkan jumlah peserta yang sudah registrasi sebanyak 428 peserta, mereka akan disebar di 39 titik (lokasi) di beberapa kabupaten (Kota Sorong, Sorong Selatan, Maybrat, Sorong, Fak-Fak dan raja Ampat). Mahasiswa akan melakukan KPM selama 1 bulan dalam rangka memberdayakan masyarakat. KPM kali ini UPT mengambil jargon #Respect2019.Β 

Sementara itu Dekan FKIP Unimuda Sorong (Nursalim, M.Pd.)Β sekaligus membuka acara pembekalan menyampaikan tentang arti pentingnya KPM dengan jargon Respect tersebut. Mahasiswa dituntut mampu berkomunikasi dengan baik di masyarakat dan mampu memberdayakan mereka. Beliau juga berpesan bahwa kegiatan ini 70 persen non fisik, dan 30 persen (maksimal) fisik. Harapannya agar peserta tidak bekerja sendirian, namun mampu mengajak masyarakat untuk sama - sama bekerja. Kegiatan non fisik yang dapat dialakukan diantaranya pengobatan masal, pelatihan pembuatan kue, keripik, pelatihan membaca, pelatihan komputer, pelatihan bercocok tanam, menhidupkan karang taruna (pemuda) dan kampanye pendidikan. Mahasiswa harus peka terhadap situasi dan kondisi lingkungan dan senantiasa menjaga nama baik Unimuda Sorong sesuai dengan Slogan FKIP yang SMART (Santun, Milenial, Amanah, Religius dan Tangguh). Karena mereka merupakan DUTA Unimuda yang sekaligus akan mempromosikan program- program strudi dan prestasi Unimdua di Masyarakat.

Pembekalan juga akan diisi materi oleh Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unimuda Sorong (Drs. H. Nursono Sidiq), Dekan FKIP (Nursalim, M.Pd.), Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat (Hayudi, M.Pd.) dan Tim KPM serta dari Zipur/Koramil dalam rangka melatih mental dan disiplin.

Pembukaan juga dihadiri oleh Para Ketua Program Studi & Sekretaris Program Studi serta Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa baru Unimuda Sorong. (Nsl.)

Β 

Β 

By Operator Website Sabtu, 16 November 2019 | 10:06 am